Sabtu, 15 Maret 2014

KEUNGGULAN KERATON


Keunggulan Penggunaan Keramik Komposit Beton (KERATON)
Berikut ini akan diuraikan beberapa keunggulan penggunaan keraton sebagai dak lantai beton di bangunan kita :

1.  KEMAMPUAN MENAHAN BEBAN
Dengan sistem pemasangan yang tepat pemakaian Keraton yang dapat menahan beban hingga 750Kg/m2, kekuatannya relative sama dengan pelat lantai konvensional. Hasil ini telah melalui rangkaian ujicoba oleh Pusat Penelitian Teknologi Permukiman Badan Litbang Permukiman dan Prasarana Wilayah, Bandung. Peneliti Suwandojo Siddiq, DE Eng. (Peneliti senior di bidang Struktur-Bangunan dan Teknologi gempa).



2. PROSES PENGERJAAN CEPAT
Proses pengerjaannya lebih cepat dari pada proses pemasangan lantai dak beton konvensional. Untuk luasan yang sama, aplikasi penggunaan produk keraton lebih cepat dari proses pembuatan dak lantai konvensional. Dak keraton umumnya dapat selesai dikerjakan dalam 10 -14 hari kerja, sedangkan dak beton konvensional memerlukan waktu minimal selama 21 hari.

3. LEBIH HEMAT
Lebih hemat karena penghematan tenaga kerja dan waktu. Dengan proses pengerjaan yang cepat penggunaan produk keraton akan banyak menghemat waktu dan tenaga kerja (proses cepat waktu kerja tenaga kerja menjadi lebih sedikit). Selain itu aplikasi keraton dapat menghemat penggunaan material bangunan yang sifatnya tidak permanen.



4. LEBIH EFISIEN
Lebih efisien karena dapat dikerjakan secara bersamaan dengan perkerjaan yang lain di lantai bawah atau pun dibagian atasnya. Dengan tidak banyak menggunakan perancah/bekisting, proses pengerjaan pekerjaan pembangunan yang lain dapat segera dikerjakan tanpa ada penundaan pekerjaan karena proses pembuatan lantai dak yang belum selesai.

5. LEBIH MURAH
Lebih murah dibanding plat beton konvensional biasa. Secara teknis perhitungan biaya penggunaan keraton sebagai pelat lantai dak dapat menghemat biaya pembangunan suatu konstruksi bangunan. Keraton dapat menghemat penggunaan beton (semen), besi sebagai tulangan, tenaga kerja, dan kayu-kayu bekisting atau scaffolding.



6. LEBIH RINGAN
Lebih ringan sehingga mengurangi beban bangunan. Secara keseluruhan penggunaan keraton akan mengurangi bobot konstruksi, dimana bobot keraton lebih ringan dari dak konvensional. Dak keraton hanya berbobot 130 – 150 kg/m2 sedangkan dak beton konvensional minimal seberat 288 kg/m2 dengan ketebalan 12 cm. Keraton lebih ringan namun tetap kuat karena adanya rongga pada struktur keraton.

7.  LEBIH EFEKTIF
Penggunaan Keraton tidak banyak memerlukan Scafolding/kayu stagger ( penyangga cetakan pelat beton). Keraton dirakit  terlebih dahulu dibawah, setalah jadi rangkaian balok keraton kemudian dirakit (diikat) pada ringbalok. Rangkaian keraton tersebut tidak memerlukan cetakan seperti halnya dak konvensional.

8. PEREDAM SUARA & PANAS
Keraton dapat berfungsi sebagai peredam panas dan suara, karena ada struktur rongga udara. Tidak bocor, jika gunakan sebagai atap dengan teknis pemasangan yang baik.


9. BERNILAI SENI
Keraton bisa sebagai elemen estetika/artistic untuk lantai dibawahnya, jika tanpa di tutup plafon. Rangkaian keraton yang disusun rapi dan baik akan menimbulkan bentuk yang indah dan berciri khas pada bagian bawah (atap plafon untuk lantai dibawahnya)

Demikianlah beberapa keunggulan dari penggunaan produk keraton, semoga bermanfaat.

1 komentar: